Selasa, 21 April 2009

DIMENSI TEKNIS MEDIA RELATION

DIMENSI TEKNIS MEDIA RELATIONS


1. PUBLISITAS


Perusahaan : PT. Indofood Fritolay Makmur
Produk : Makanan Kemasan
Nama Produk : Chitato
Bentuk publisitas : Sponsorship
Media publikasi : Poster, flyer, umbul-umbul (below the line)


Kegiatan yang dilaksanakan

PT. Indofood Fritolay Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan ringan dalam kemasan, diantaranya ialah Chiki, Cheetos, Jet-Z, Chitato, Q-tela, dan Lays. Produk-produk tersebut memiliki berbagai varian rasa dan keberadaan produk makanan ringan kemasan tersebut disesuaikan dengan segmentasi masyarakat yang luas, bukan hanya untuk anak-anak melainkan juga bagi orang dewasa. Pembagian jenis produk dari PT. Indofood dapat diamati dengan strategi harga, produk Chiki dipasarkan dengan harga yang dapat dijangkau kalangan anak-anak, cheetos dan Jet-Z bagi remaja, Chitato bagi remaja dan dewasa awal, Q-tela bagi kalangan dewasa, dan Lay’s ditujukan bagi kalangan dewasa matang dengan harga yang lebih tinggi.
Chitato sebagai salah satu produk yang ditujukan bagi remaja usia matang hingga dewasa awal. Pada awal tahun 2009 Chitato meluncurkan varian rasa baru yaitu rasa sapi bumbu bakar, untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas maka PT. Indofood Fritolay Makmur melakukan kegiatan sponsorship melalui event Roadshow ke lima (5) kota di Pulau Jawa, yaitu Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Event yang diadakan ditujukan bagi anak-anak sampai remaja matang setingkat SMA. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama membangun kesadaran (brand awareness) masyarakat terhadap varian rasa baru dari Chitato, namun produk-produk lain dari PT. Indofood Fritolay Makmur akan membawa serta seluruh produk makanan ringan dari Chiki hingga Lay’s untuk meningkatkan brand recognition masyarakat terhadap keberadaan produk dan keberadaan PT. Indofood Fritolay Makmur.
Event yang diselenggarakan bernama CHITATO HAPPY SUNDAY, kegiatan tersebut memuat :


1.Lomba membuat Istana Pasir
Sasaran : anak-anak usia usia 6 -12 tahun
Teknis lomba :
- kelompok, 1 tim terdiri dari 3 orang
- peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,-
- pasir disediakan panitia, peserta membawa peralatan sendiri

2.Lomba Marching Band

Sasaran : institusi-institusi pendidikan tingkat TK
Teknis lomba :
- peserta berasal dari institusi-institusi pendidikan TK
- membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,-

3.Lomba Menghias Payung
Kategori :
- SD
- SMP
- SMA
Teknis lomba :
- payung berupa payung kertas yang disiapkan oleh panitia
- peserta membawa peralatan lukis sendiri
- peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 20.000,-


Media publikasi



2. SIARAN PERS

Perusahaan : PT. Datascrip
Produk : portable printer
Nama Produk : Canon PIXMA iP 100
Isi siaran pers : peluncuran produk baru



DATASCRIPT LUNCURKAN PORTABLE PRINTER
CANON PIXMA iP 100


Jakarta,-
Menanggapi kebutuhan masyarakat yang selalu ingin serba cepat dan efisien dalam mencetak foto menggunakan kamera digital tanpa harus pergi mencetak foto serta menunggu terlalu lama, maka Datascrip kini menghadirkan portable printer Canon PIXMA iP 100. Printer berwarna silver dengan dimensi 32,2 x 18, 5 x 17 cm ini ditujukan bagi konsumen yang ingin mencetak foto dimana saja dan kapan saja. Kehadiran Canon PIXMA iP 100 ini ditandai dengan diadakannya acara grand launching Senin (16/3) lalu, di Grand Hyatt Hotel, Jakarta.
Acara grand launching Canon PIXMA iP 100 dihadiri oleh Canon Division Director PT. Datascrip, Merry Harun. Pada kesempatan itu, Merry Harun mengatakan, “ Kami tertarik menggarap segmen portable gadget karena pasar ini sedang berkembang di tengah masyarakat yang sangat sibuk dan mobile. Oleh karena itu, dengan adanyaportable printer ini kita bisa memenuhi segmen tersebut.”
Pada kesempatan itu Merry Harun juga menyampaikan bahwa target penjualan portable printer Canon iP 100 pada tahun 2009 ini sebanyak 5000 unit. Meskipun banyak kompetitor, lanjutnya, Canon berani menjamin hasil penjualan portable printer ini akan mencapai hasil maksimal.
Portable printer Canon PIXMA iP 100 yang membidik kalangan mobile user ini sanagt mudah digunakan, hanya dengan memanfaatkan fasilitas IrDA, Bluetooth, Universal Serial Bus (USB), dan Pictbridge yang tersedia di Canon PIXMA iP 100. Keunggulan yang dimiliki oleh Canon PIXMA iP 100 diantaranya mampu bekerja dengan daya dari baterai yang dibeli secara terpisah, dengan baterai pernuh dapat mencetak hingga 50 lembar ukuran A4, kecepatan daya cetak Canon PIXMA iP 100 hingga 20 ppm, dengan resolusi 9600 x 2400 dpi. Kunci keberhasilan Canon adalah kualitas produk yang andal dengan harga terjangkau.
***






3. MENJADI SUMBER INFORMASI MEDIA MASSA

Nama perusahaan : PT. Astra Daihatsu Motor
Produk : Daihatsu Xenia, Grand Max


Menjadi sumber informasi media massa yaitu adanya wawancara yang dilakukan oleh wartawan dari Media Indonesia kepada Direktur PT. Astra Daihatsu Motor terkait penjualan otomotif dengan adanya penurunan suku bunga bank yang berimbas pada stabilitas penjualan produk otomotif seperti mobil keluaran Daihatsu.

MI : wartawan dari Media Indonesia
DD : direktur PT. Astra Daihatsu Motor



Wawancara


MI : Bagaimana tingkat penjualan mobil dari Daihatsu?
DD : saat ini terhitung mulai bulan Januari hingga Maret 2009 penjualan mobil dalam keadaan stabil.

MI : Bagaimana perbandingan penjualan produk mobil dengan motor selama periode tiga bulan ini?
DD : Yang saya lihat tingkat penjualan motor mengalami peningkatan, sedangkan mobil tetap stabil.

MI : Kira-kira bagaimana kondisi penjualan otomotif selama tahun 2009, apakah terjadi peningkatan penjualan atau penurunan?
DD : Tentu saja peningkatan.

MI : Dibanding tahun 2008, apakah penjualan produk otomotif dari Daihatsu mengalami peningkatan juga?

DD : Tidak. Dibanding tahun lalu, saat ini penjualan otomotif mengalami penurunan dalam periode waktu yang sama, sekitar 20% dari total penjualan periode tiga bulan tahun 2008 yang mencapai 45.000 unit.

MI : Bagaimana pola pembelian konsumen Indonesia terhadap produk otomotif seperti mobil?

DD : Konsumen Indonesia masih bersikap rasional dengan menurunkan anggaran pembelian mobil, pilihan konsumen Indonesia sekarang cenderung memilih mobil yang murah, kualitas baik, bensin irit, dan sesuai dalam berbagai aktivitas.

MI : Apa yang mengakibatkan penurunan daya beli masyrakat pada industri otomotif seperti saat ini?

DD : Sebenarnya salah satu faktornya ialah likuiditas dari pihak bank perlu dibangkitkan lagi agar kredit kepemilikikan kendaraan bermotor dapat bergerak naik, suku bungan bank perlu ditekan dan perlu adanya kontrol terhadap pengendalian inflasi, hal ini supaya terjadi peningkatan daya beli masyararakat.

MI : Lalu menurut Anda, bagaimana seharusnya kebijakan perbankan dalam mendorong perkembangan industri otomotif?

DD : industri otomotif saat ini merasa seret dengan kebijakan likuiditas bank, sebab penurunan suku bungan acuan Bank Indonesia (BI RATE) tidak diikuti penurunan suku bungan kredit perbankan, sehingga imbasnya pada penurunan tingkat pembelian konsumen terhadap otomotif, selain itu berdampak pula pada strategi pemasaran industri otomotif yang kemudian mengalami kesulitan dalam menawarkan kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk otomotif.





4. MEMPERSIAPKAN KONFERENSI PERS


Nama Perusahaan : PT. Martina Berto
Produk : Kosmetika Sariayu
Bentuk kegiatan : Sponsor Utama Peluncuran Buku Bagi Wanita
Judul Buku : ”Perempuan, Bukan Makhluk Biasa”
SINOPSIS :

buku Perempuan, Bukan Makhluk Biasa dikarang oleh Martha Tilaar sebagai pemilik PT. Martina Berto, sesungguhnya buku ini merupakan sebuah biografi singkat atas rahasia kecantikan yang diungkap oleh Martha Tilaar. Buku ini mengisahkan pengalaman Martha Tilaar dalam pergulatannya selama berpuluh-puluh tahun di dunia kecantikan. Martha Tilaar mengajak kita untuk memahami kecantikan perempuan dari berbagai macam sudut pandang, bukan hanya secara fisik namun juga kecantikan dari dalam. Martha Tilaar juga mengisahkan pengalamannya ketika menjadi pakar kecantikan para Putri Indonesia, dan perannya dalam kontes kecantikan yang selalu dinanti-nanti oleh para perempuan Indonesia.



A. Tema Konferensi PerS
”MEMAHAMI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM BUKU PEREMPUAN, BUKAN MAKHLUK BIASA”.


B. Tempat dan Waktu
Tempat : Nikko Ballrom, Hotel Nikko, Jakarta
Waktu : 21 april 2009
Pukul : 18.00 WIB


C. Pembicara

1. Martha Tilaar sebagai pengarang buku ”Perempuan, Bukan Makhluk Biasa”
2. Djenar Maesa Ayu sebagai novelis perempuan yang akan memberikan peilaian terhadap buku Perempuan, Bukan Makhluk Biasa.
3. Martina Berto sebagai pimpinan PT. Martina Berto yang telah mensponsori penerbitan dan peluncuran buku Perempuan, Bukan Makhluk Biasa.


D. Materi Yang Disampaikan

1. Bedah buku “Perempuan, Bukan Makhluk Biasa” oleh Martha Tilaar
2. Penilaian Djenar Maesa Ayu terhadap buku “Perempuan, Bukan Makhluk Biasa”.
3. Peluncuran Buku “Perempuan, Bukan Makhluk Biasa” secara resmi oleh Martina Berto.

E. Undangan
1. Wartawan dari media nasional: SCTV, RCTI, Indosiar, TPI, Trans TV dan Trans 7, Global TV, TVRI, TV one, ANTV, KOMPAS, Media Indonesia, Sindo, Jakarta Post, Nova, Cek & Ricek, Femina.
2. Aktivis Perempuan
3. Putri Indonesia dan mantan Putri Indonesia

F. Persiapan Konferensi Pers
14 April 2009 Rapat bersama Direksi, Manajemen, PR menyusun kegiatan Konferensi
Pers.
15 April 2009 Rapat penyusunan anggaran Konferensi Pers, Direksi, Manajemen, PR,
dan Keuangan.
16 April 2009 Penyusunan acara Konferensi Pers, menghubungi pembicara.
17 April 2009 Penyusunan media kit
18 April 2009 Pendistribusian undangan kepada pers nasional.
19 April 2009 Rapat persiapan terakhir bersama Direksi, Manajemen, PR, Keuangan.
20 April 2009 Persiapan akhir, memastikan kesiapan pembicara, team work, dan pihak
hotel
21 April 2009 Pelaksanaan Konferensi Pers.

G.Susunan Acara

1. 17.30 Pengisian daftar hadir oleh tamu undangan
2. 18.00 Pembukaan dan doa
3. 18.05 Sambutan dari PT. Martina Berto yang diwakili oleh Martina Berto
4. 18.10 Penyampaian isi buku ”Perempuan, Bukan Makhluk Biasa” oleh Martha
Tilaar
5. 19.30 Penilaian oleh djenar Maesa ayu
6. 20.00 Sesi tanya jawab
7. 20.30 Peresmian peluncuran buku
8. 20.35 Makan Malam

H.Team Work

Ketua Martina Berto

Humas Putri Iranawati

Koordinator Usaha Dana Vica Yulia Setiani

Koordinator Acara Maria Endah Perwitasari

Koordinator Undangan Image Rizqika Dewi

Koordinator Publikasi dan Dokumentasi Munayu Ristivani, Uthami

Koordinator Lapangan Yonas Dedi Prasetyo

Koordinator Transportasi dan Akomodasi Resa Ayu Septina

Koordinator Keamanan Abdul Yani





****