Senin, 14 Juli 2008

KOMUNIKASI MASSA


PERKEMBANGAN JURNALISME AMERIKA

Makin demokratis sebuah masyarakat, makin banyak berita dan informasi yang didapatkan. Saat masyarakat menjadi lebih demokratis untuk pertama kalinya, mereka condong melakukan sesuatu yang bersifat prajurnalisme. Jurnalisme yang berasal dari kata Acta Diurna dari bahasa Yunani yang sebenarnya merupakan sistem pertanggungjawaban harian Senat Romawi dan kehidupan sosial serta politik.
Abad pertengahan berita datang dalam bentuk lagu dan cerita yang disenandungkan oleh para pengamen keliling. Jurnalisme modern muncul di awal abad ke-17, lahir dari perbincangan-perbincangan di tempat publik seperti kafe di Inggris, kemudian di pub, atau kedai minum di Amerika. Pemilik bar yang menjadi tuan rumah dari perbincangan seru tentang orang-orang yang bepergian, dimana informasi itu dicatat di buku perjalanan yang disimpan di ujung meja bar.
Kafe di Inggris mengkhususkan pada informasi yang spesifik, surat kabar muncul dari kafe-kafe sekitar tahun 1609, berita yang ditulis percetakan adalah berita perkapalan, gosip, dan argumen politik dari kafe dan mencetaknya di atas kertas. Dari perkembangan inilah muncul yang disebut opini publik oleh politisi Inggris.
Ketika beberapa masyarakat Inggris merasa tidak puas terhadap hukum adat Inggris dimana mengkritik pemerintah juga dikatakan sebagai tindak kejahatan, pada saat itu juga pemikiran bahwa kebenaran yang punya daya rusak yang lebih berat berpengaruh di Amerika saat penerbit yang bernama John Peter Zenger diadili karena kritikannya terhadap gubrnur New York di tahun 1735. konsep tersebut yang akhirnya mengakar dalam pemikiran para pendiri Amerika Serikat dan menjiwai Deklarasi Hak-Hak Dasar Virginia yang ditulis James Madison, konstitusi Massachusetts yang ditulis John Adam. Pers bebas kemudian menjadi klaim pertama publik atas pemerintah mereka.
Dua ratus tahun kemudian pengertian pers sebagai benteng kebebasan menyatu dalam doktrin hukum Amerika. Mahkamah Agung Amerika pada tahun 1971 mendukung hak New York Times untuk menerbitkan dokumen rahasia pemerintah yang disebut Pentagon Papers.

DAFTAR PUSTAKA

Buku Ajar Komunikasi Massa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Kovach, Bill. 2001. Elemen-Elemen Komunikasi Apa Yang Seharusnya Diketahui Wartawan Dan
Yang Diharapkan Publik.
Jakarta. ISAI (Institut Studi Arus Infomasi).
http//www.iml.jou.ufl.edu/projects/Spring03/Dyal/Page2.html, diakses Rabu, 5 Desember 2007, 18:20.